KeluarJangan Lupa Klik Like Dan Follow ya!
×

Blog itu...

Ngeblog adalah sebuah kegiatan online untuk jangka panjang. Anda membutuhkan waktu yang cukup untuk mengembangkan blog yang anda kelola. Meski anda sudah dibekali ilmu yang cukup tentang teknik blogging, anda tetap akan membutuhkan waktu untuk bisa bersaing dengan blog-blog lain yang sudah memiliki reputasi baik di hadapan search engine (Google, Bing, dll). Berbekal basic teori blogging yang baik anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa ikut bersaing di SERP. Dan jika anda mengawalinya sambil belajar, maka waktu yang anda perlukan relative lama. Untuk bisa berdiri sejajar dengan rekan-rekan blogger senior  yang anda butuhkan, termasuk saya  adalah:


  • Kecintaan
  •  Serius 
  • Mau belajar 
  • Konsisten
itu yang terpenting klo mau Ngeblog,


Terjun kedunia blogging untuk seorang pemula yang belum memiliki dasar ilmu blogging kemungkinan besar yang bersangkutan akan melakukan banyak kesalahan. Tidak menjadi masalah jika kesalahan tersebut tergolong wajar dan tidak menimbulkan dampak yang fatal terhadap masa depan blog. Dan benar-benar menjadi sebuah permasalahan serius manakala kesalahan yang dilakukan tergolong tidak wajar. Berangkat sebagai seorang newbie sebenarnya adalah sebuah hal yang lumrah ketika anda melakukan kesalahan, baik itu kesalahan yang tergolong wajar maupun kesalahan yang berakibat fatal. Hanya saja jika anda terlalu banyak mengoleksi kesalahan pada masa-masa pengembangan blog, maka anda harus bekerja dua kali, yakni memperbaiki kesalahan-kesalahan yang anda lakukan sebelumnya.


Buat saya pribadi, blogging merupakan sesuatu yang sangat baru kala itu. Ketertarikan saya terhadap aktivitas blogging tidak disertai dengan bekal apa pun. Saya hanya merasa interest dengan ngeblog, kemudian ingin mencobanya hingga akhirnya saya memutuskan untuk membuat sebuah blog dan melakukan kegiatan-kegiatan optimasi dengan cara belajar kesana-kemari mencari referensi dari para masta. Karena tidak dibekali pengetahuan tentang teknik blogging, maka pada masa-masa proses optimasi saya pun banyak melakukan kesalahan. Seperti yang saya singgung diatas, hal ini pun akhirnya membuat saya harus kerja dua kali karena harus memperbaiki apa saja kesalahan-kesalahan yang telah saya lakukan pada saat melakukan pengembangan blog.


Salah satu tujuan ngeblog tentuny` supaya karya tulis kita dapat dilihat oleh orang lain (pengunjung). Kala itu, saat melihat blog para masta yang pengunjungnya sudah diangka ribuan seraya berbisik dihati �Kapan bisa dapat pengunjung kayak blog ini? Mungkin nggak ya?�. Saya terus melakukan serangkaian upaya untuk menjadikan blog yang saya kelola nantinya dapat memperoleh banyak pengunjung. Ketika masih dalam proses membangun semuanya memang serasa terlihat impossible, untuk mendapatkan pengunjung diangka ratusan saja sudah sulit, apalagi mencapai ribuan. Kembali ke tujuan awal mengapa saya ingin ngeblog, saya pun terus belajar dari pendahulu-pendahulu saya tanpa menoleh kebelakang. Mencermati tutorial dan gaya para masta dalam mengelolah blog mereka. Mencerna apa kira-kira yang masih kurang dengan blog saya. Terus melakukan analisa, melakukan perbaikan sedikit demi sedikit hingga akhirnya kerja keras tersebut membuahkan hasil. Blog yang tadinya sepi akhirnya mulai didatangi pengunjung. Yang tadinya sangat minim pengunjung beranjak menjadi banyak pengunjung.


Modal Untuk Merealisasikan Harapan

Percaya kemampuan anda

Jangan menjadikan kelebihan orang lain untuk melemahkan anda

Jangan enggan untuk mencari tahu apa yang belum anda ketahui

Serius

Konsisten

Sabar.


Optimasi blog sangat identik dengan SEO (Search Engine Optimization). Bagi seorang pemula, biasanya SEO justru menjadikan mereka akhirnya melakukan banyak kesalahan karena mencernanya dengan cara yang tidak tepat. Seperti yang kita tahu, SEO adalah teori optimasi blog yang membutuhkan banyak waktu untuk diulas. Teknik SEO juga senantiasa berubah-ubah dari waktu ke waktu sesuai dengan algoritma search engine. Selain itu, ilmu SEO yang kita pelajari dari para senior kita juga tidak selalu benar adanya, karena disisi yang lain SEO juga merupakan kumpulan opini yang dibangun oleh para praktisi SEO. Belajar SEO yang baik menurut saya, jika anda belajar blog dari awal, perhatikan yang dasar-dasar saja. Tidak usah membuat diri anda direpotkan oleh SEO. Lakukan secara bertahap, nantinya dengan sendirinya anda akan menjadi lebih faham.


Penyusunan artikel, satu lagi jenis kesalahan yang kerap kali dilakukan oleh seorang blogger pemula, yakni  asal-asalan dalam membuat artikel. Ada sebuah opini bahwajika backlink adalah ratu, maka konten merupakan rajanya. Artinya, artikel yang kita tulis semestinya harus bermutu. Untuk pemula, biasanya mereka tidak memperhatikan tentang article yang mereka tulis. Asal nulis lalu diterbitkan. Blog adalah sebuah media informasi dimana  artikel yang anda publish akan dibaca oleh banyak orang. Jika anda menulis artikel yang tidak akurat, informasi yang salah serta acak-acakan, bagaimana mungkin orang akan kembali mengunjungi blog anda. Kesalahan ini membuat kita harus membenahinya, alhasil harus bekerja dua kali. Dalam penulisan artikel selain pas untuk para pembaca, kita juga harus bisa menyusunnya dengan baik agar bermuatan SEO. Bagaimana artikel yang SEO itu? Judul dan isi relevan, memuat minimal karakter 250 (dianjurkan untuk menulis artikel tidak kurang dari 850 karakter), masukkan anchor text yang relevan (jangan memasukkan banyak anchor text yang tidak berkaitan), jika ada gambar berikan tag pada gambar tersebut, buat judul yang unik, dsb.


Hak cipta, anda bisa menggunakan semua jenis gambar yang anda ambil dari Google (Google Image), dengan catatan gambar tersebut tidak memiliki hak cipta. Jika anda menggunakan gambar berhak cipta untuk anda pasang di blog anda, maka ini sama saja dengan meracuni blog anda sendiri. Jangan pernah sekalipun memakai gambar yang berhak cipta karena ia merupakan larangan Google. Jika anda melanggarnya, maka pada saat Google melakukan sweeping kemungkinan besar blog anda akan masuk dalam daftar blog yang akan dihukum Google (Penalty, Banned, dll). Carilah gambar dari situs penyedia gambar yang 100 persen gratis/tidak berhak cipta untuk anda gunakan di blog anda, dengan demikian blog anda akan aman dan senantiasa mendapat prioritas dari Google.


Illegal copy-paste, semua search engine tidak menyukai artikel hasil pencurian. Copy-paste tanpa menyertakan link sumber adalah bentuk pencurian artikel yang tidak bisa ditolerir oleh search engine, terutama Google. Jika blog anda ingin senantiasa aman dari ancaman penalty atu banned Google, maka jangan pernah melakukan illegal copas. Buatlah artikel hasil tulisan sendiri. Jika anda malas menulis, cukup membuat artikel yang sederhana saja biar tidak terlalu panjang. Ini jauh lebih bernilai daripada artikel yang sangat padat, tapi hasil mencuri. Blog merupakan kegiatan yang berjangka panjang, hari ini anda bisa bersikap cuek bebek meskipun anda melakukan pencurian konten, bagaimana jika nantinya anda menjadi blogger yang dikenal? Tidak malukah anda berbekal artikel hasil colongan? Kerugian kembali anda dapatkan. Jadi, buatlah artikel yang original.

Backlink salah, tidak semua backlink itu baik untuk blog anda. Cara membangun backlink yang salah hanya akan membuat anda bekerja tanpa hasil. Membuang banyak waktu, tapi tidak memberikan dampak apa pun pada blog anda. Ada cara dan aturan main dalam menanam backlink. Meski ada ratusan juta situs/blog di internet, tidak semuanya perlu anda Tanami backlink. Carilah backlik dari situs/blog yang memiliki persamaan tema dengan blog anda. Jangan asal pagerank tinggi lantas tepat untuk blog anda. Utamakan backlink dari blog yang memiliki persamaan tema. Satu backlink dari blog bertema sama lebih baik daripada 10 backlink dari blog yang berlainan tema.
Sumber : berbagai blog top 
Tag : Info
0 Komentar untuk "Blog itu..."

[Perhatian]

Dilarang berkomentar dengan tautan link!!
contoh :

kunbal, http://bla-bla.com
Jika ingin minta kunjung balik silahkan masukkan link blog di buku tamu,

Blog-Fadel98 mengucapkan terimakasih atas komentar dan kunjungannya :)

Back To Top